Perbedaan To Cc Dan Bcc Pada Email

Perbedaan To, Cc Dan Bcc Pada Email

Pada saat menulis email, di bagian Recipients (penerima email), kita akan selalu berhadapan dengan 3 hal, diantaranya :

  • To
  • CC
  • dan Bcc.

Di Emailkerja.id sebagai sebuah layanan email bisnis, juga mempunyai hal yang sama, namun beda istilah saja. 3 Hal tersebut antara lain :

  • Penerima
  • Lampiran
  • Lampiran tersembunyi.

Baca juga : Fitur Keren Emailkerja Yang Mungkin Belum Anda Ketahui.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja perbedaan To, Cc dan Bcc pada email? Dan kapan kita menggunakannya?

Maka pada artikel ini kami akan berusaha menjawab pertanyaan tersebut untuk Anda supaya kita paham penggunaa To, Cc dan Bcc ini.

Apa itu To, Cc dan Bcc? Apa perbedaanya?

Di dalam surat resmi, kalau kita perhatikan, ada istilah tembusan di sana. Letaknya biasanya ada di bagian pojok kiri bawah.

Tembusan surat ini adalah daftar pihak-pihak yang mendapatkan salinan surat selain penerima utamanya. Misalkan, penerima utama sebuah surat adalah Orang Tua/Wali Murid. Untuk tembusannya bisa kita tuliskan misalnya Kepala Dinas Pendidikan, Kepala UPTD Kecamatan, Bupati, dan lain sebagainya.

Inti dari tembusan ini adalah supaya pihak-pihak yang ada di daftar tembusan ini tahu apa isi surat yang kita kirimkan ke penerima utama.

Pada email juga berlaku hal yang sama. Pada email juga ada tembusan, tetapi dengan istilah yang berbeda. Istilah tersebut adalah Cc. Tapi ada satu yang berbeda pada email. Di sini kita bisa mengirimkan tembusan yang bersifat rahasia yang dinamakan Bcc.

Sehingga kalau kami jelaskan pengertiannya adalah sebagai berikut :

  • To: Penerima utama sebuah email.
  • Cc (carbon copy): Orang yang ingin kita beritahu bahwa kita mengirim pesan ke penerima (yang ditulis di kolom To). Penerima email akan tahu siapa saja yang di Cc.
  • Bcc (blind carbon copy): Orang yang ingin kita beritahu bahwa kita mengirim pesan ke penerima disertai siapa saja yang di-CC-kan. Penerima email maupun orang yang di CC-kan tidak akan tahu siapa saja BCC-nya dan setiap BCC tidak akan tahu siapa BCC selain dirinya.

Untuk lebih memahami perbedaan antara To, Cc dan Bcc, silakan perhatikan gambar berikut.

Berdasarkan gambar di atas, jika kita rinci lagi akan menjadi seperti berikut :

Sedangkan kalau kita terapkan pengertian di atas terhadap para penerima tersebut, ini yang akan terjadi :

Itulah pengertian dan perbedaan To, Cc dan Bcc pada email. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

2 thoughts on “Perbedaan To, Cc Dan Bcc Pada Email”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *