Email Rasa Chat : Cara Seru Berbalas Email Seperti Chatting

Email adalah salah satu alat komunikasi digital. Sama seperti aplikasi messaging kekinian, sebut saja WhatsApp, BlackBerry Messenger, Facebook Messenger dan juga Telegram. Persamaannya antara lain ada pesan yang dikirim, ada sistem yang mengirimkan pesan, ada pengirim dan juga ada penerimanya.

Namun begitu, ada juga hal-hal yang membedakan email dengan aplikasi messaging. Salah satunya adalah ketika mengirimkan pesan yang cukup panjang. Dengan email rasanya lebih nyaman dalam mengirim dan membaca pesan yang panjang daripada lewat aplikasi messaging.

Akan tetapi ada juga kekurangan email yang membuat sedikit tidak nyaman, yaitu ketika berbalas email. Ketika berbalas email, tampilan pesan di email menjadi semrawut dan tidak rapi. Ini terjadi untuk semua email baik email gratis maupun email bisnis.

Ini juga yang terjadi pada kami. Jadi ceritanya kami sedang berbalas email dengan salah satu peserta GALG. Awal mulanya email yang kami kirimkan cukup panjang. Setelah itu penerima email membalas emailnya dan terjadilah beberapa percakapan di email.

Saat satu atau dua percakapan di email tidak masalah, tetapi saat terjadi banyak percakapan, maka tampilan pesan di email menjadi tidak menarik dan terkesan semrawut. Intinya, semakin banyak percakapan maka akan semakin banyak teks yang tampil di percakapan tersebut.

Apakah Anda juga mengalami hal yang sama ketika berbalas email?

Jika iya maka Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini ada aplikasi yang bisa menjadikan percakapan email terasa seperti chatting. Dan tentu saja, aplikasi ini sangat kompatibel dengan layanan email bisnis dari Emailkerja.id.

Aplikasi yang bisa digunakan

Untuk bisa membuat percakapan di email menjadi seperti chat, kita perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Ada yang bisa digunakan di smartphone, Ada juga yang bisa digunakan di semua perangkat. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membalas email serasa chatting.

Delta Chat

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan berbalas email seperti chatting adalah Delta Chat. Jika Anda menggunakan aplikasi chat WhatsApp, dengan Delta Chat ini email Anda tampilannya akan sangat mirip dengan WhatsApp.

Selain itu Delta Chat bisa digunakan di berbagai perangkat, mulai dari smartphone hingga deskop yang berbasi MacOS, Windows maupun Linux. Kabar baiknya, Delta Chat ini bisa Anda gunakan secara gratis karena merupakan proyek open source. Dan juga Delta Chat ini bisa digunakan untuk email gratisan seperti Gmail atau juga untuk email bisnis seperti layanan dari Emailkerja.id. Untuk mendownload Delta Chat silakan kunjungi https://delta.chat/en/.

Spike

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda pakai adalah Spike. Keunggulan dari Spike ini adalah bisa Anda buka di berbagai platform seperti Android, MacOS, iOS hingga Windows. Juga bisa Anda akses dari berbagai perangkat seperti smartphone dan juga desktop.

Spike mempunyai interface yang segar, full color dan menarik. Bedanya dengan Delta Chat, Spike memberlakukan versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis hanya bisa digunakan untuk email gratis seperti Gmail. Sedangkan yang berbayar bisa Anda gunakan untuk email bisnis yang menggunakan domain Anda sendiri. Untuk berlangganannya juga cukup murah, mulai dari $7.99 per bulan untuk 1 email domain. Namun begitu, Anda bisa mencoba Spike Pro secara gratis (free trial).

Dan yang paling penting Spike ini juga kompatibel dengan Emailkerja.id

Untuk mendapatkan dan mencoba Spike silakan klik https://www.spikenow.com/.

Mailtime

Aplikasi yang ketiga adalah Mailtime. Dengan Mailtime Anda bisa mengakses email rasa chat dengan desain yang menarik. Sama seperti Spike, namun bedanya adalah Mailtime hanya bisa diakses melalui smartphone berbasis Android dan iOS saja. Mailtime tidak bisa diakses melalui browser maupun desktop.

Untuk mendownload Mailtime silakan kunjungi https://mailtime.com/.

Missive

Aplikasi berikutnya adalah Missive. Dengan Missive Anda tidak hanya bisa menampilkan email dalam bentuk chat, tetapi juga mengakses Facebook Messenger, Twitter dan SMS dalam satu tempat. Selain itu Anda juga bisa mengintegrasikan dengan banyak aplikasi seperti Asana, Todoist, Trello, hingga Shopify.

Missive ini juga punya versi gratis dan versi berbayarnya. Untuk versi berbayarnya mulai dari $10 per bula dan Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Untuk melihat fitur yang lebih lengkap dan mencobanya silakan klik https://missiveapp.com/.

Demo penggunaan email rasa chat

Pada bagian ini kami ingin mendemokan bagaimana menggunakan email rasa chat. Anda boleh menggunakan aplikasi apa saja, namun pada demo ini kami menggunakan Missive.

Caranya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Buka https://missiveapp.com lalu klik link “or use on the web”. Tapi Anda juga bebas mau klik yang mana saja. Karena nanti bisa diakses dari mana saja.

Langkah 2 : Kemudian Anda akan mengarah ke halaman Sign Up. Silakan masukkan email dan password Anda lalu klik tombol Create my account. Atau jika Anda menggunakan Google, Anda bisa klik tombol Sign up with Google.

Langkah 3 : Setelah mendaftar, berikutnya Anda akan masuk ke dashboard Missive seperti pada gambar berikut ini. Silakan klik Connect an account.

Langkah 4 : Setelah itu akan muncul pilihan provider. Anda bisa memilih salah satu yang Anda inginkan. Kalau Anda pakai email bisnis dengan domain sendiri atau menggunakan Emailkerja.id silakan pilih yang IMAP.

Langkah 5 : Setelah itu Anda diminta untuk memilih apakah pesan email ingin Anda bagikan ke tim atau tidak. Pada bagian ini kami memilih yang menggunakan personal akun. Setelah itu klik tombol NEXT.

Langkah 6 : Kemudian pada bagian Account Setup silakan isi Nama, Alamat Email dan Password dari email bisnis Anda, lalu klik tombol Next.

Langkah 7 : Masih di bagian Account Setup, tetapi kali ini Anda diminta untuk menginputkan IMAP (Incoming Email) dan juga SMTP (Outgoing Email) dan menyesuaiakan portnya. Untuk Anda pengguna Emailkerja.id pada bagian hostnamenya Anda bisa mengisinya dengan bandung01.emailkerja.id. Setelah itu klik tombol NEXT.

Langkah 8 : Setelah itu akan muncul notifikasi jika email sudah berhasil ditambahkan. Klik tombol Done.

Langkah 9 : Dan hasilnya akan seperti pada gambar berikut ini :

Tampilan email lebih rapi dan percakapan di email jadi seperti percakapan di WhatsApp, Facebook Messenger ataupun Telegram.

Itulah pembahasan kami tentang Cara Seru Berbalas Email Seperti Chatting. Jika Anda ingin menggunakan email bisnis dengan domain Anda sendiri, silakan gunakan Emailkerja.id sekarang juga.

Demikian pembahasan ini, terima kasih sudah menyimak dan kami tunggu Anda menggunakan Emailkerja.id.

1 thought on “Email Rasa Chat : Cara Seru Berbalas Email Seperti Chatting”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *