Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Bisnis dan Perusahaan Secara Mudah

Pada halaman ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat email dengan domain sendiri untuk bisnis dan perusahaan secara mudah.

Bagi sebuah bisnis, perusahaan atau UKM keberadaan email dengan domain sendiri sangatlah penting. Hal ini dikarenakan email bisnis ini mampu memberikan kesan bahwa sebuah bisnis, perusahaan atau UKM tersebut profesional dan dapat dipercaya.

Alasannya sederhana, karena email bisnis dengan domain sendiri tidak dibuat secara gratis melainkan dengan membayar layanan email yang juga profesional. Dan mungkin sudah menjadi rahasia umum, tidak ada profesionalitas yang bisa didapatkan dari gratisan.

Sebenarnya tidak hanya itu saja alasan menggunakan email dengan domain sendiri. Masih ada 7 alasan lagi yang bisa Anda baca pada artikel kami yang lain dengan judul 8 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Alamat Email Profesional.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Bisnis dan Perusahaan Secara Mudah

Terkait dengan topik ini kami ingin memberikan gambaran kepada Anda tentang bagaimana mudahnya membuat email dengan domain sendiri. Dan cara-caranya adalah sebagai berikut :

[1] Siapkan Domain Anda

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk membuat email dengan domain sendiri adalah mempersiapkan domain Anda. Jika sudah punya silakan lanjut ke cara yang ke-2 dan jika Anda belum mempunyai domain, Anda bisa klik di sini untuk mendapatkan domain sekaligus berlangganan layanan email marketing sebagai bonusnya.

[2] Ambil Paket Berlangganan di Emailkerja.id

Setelah Anda mempersiapkan domainnya, cara membuat email dengan domain sendiri berikutnya adalah memilih dan mengambil paket berlangganan di Emailkerja.id.

Emailkerja.id adalah sebuah layanan alamat email profesional untuk para pebisnis di Indonesia. Jadi Emailkerja.id inilah yang akan Anda gunakan untuk mengirim dan menerima email. Sehingga bukan lagi Yahoo, Gmail atau email gratisan lainnya.

Dan setelah Anda berlangganan di Emailkerja.id, alamat email Anda tidak lagi [email protected], melainkan [email protected].

Dengan layanan Emailkerja.id Anda bisa membuat hingga 200 alamat email dalam 1 domain. Jadi seluruh tim Anda bisa langsung mendapatkan alamat emailnya tanpa perlu mendaftar lagi dan verifikasi seperti halnya Gmail.

Untuk mulai berlangganan Emailkerja.id Anda bisa klik di sini.

[3] Melakukan Pointing

Setelah Anda berlangganan Emailkerja.id dan akun Anda sudah aktif, langkah berikutnya adalah melakukan pointing.

Ponting ini adalah menghubungkan domain dengan sistem/ server email supaya bisa digunakan dengan baik. Tanpa pointing maka email dengan domain sendiri tidak akan bisa untuk mengirim atau menerima email biarpun Anda sudah punya domain dan juga sudah berlangganan Emailkerja.id atau layanan email hosting lain di luar sana.

Di Emailkerja.id untuk melakukan pointing ini ada 2 cara. Yaitu cara otomatis dan cara manual.

Cara otomatis adalah melakukan pointing hanya dengan 1x klik saja. Namun ini berlaku jika Anda membeli domainnya hanya di KIRIM.EMAIL. Untuk demo pointing otomatis ini bisa Anda saksikan pada video di bawah ini.

Sedangkan cara manual adalah melakukan pointing dengan memasukkan data-data yang diperlukan ke dalam Domain Manager/ DNS Manager Anda. Adapun data-data yang diperlukan untuk pointing manual ini antara lain :

  • MX Records
  • CNAME Records
  • SPF Record
  • dan DKIM Record.

Untuk panduan pointing secara manual ini juga sudah dipersiapkan oleh tim Emailkerja.id yang bisa Anda akses di sini. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak bisa melakukan pointing secara manual.

[4] Membuat Mailbox

Setelah Anda berhasil melakukan 3 hal di atas, berikutnya adalah membuat mailbox. Mailbox ini adalah kotak surat Anda. Dengan mailbox Anda bisa menentukan nama/ alamat email dengan domain sendiri, menentukan password, nama pengirim dan juga kapasitasnya.

[5] Mengakses Email Dengan Domain Sendiri Dari Berbagai Perangkat

Setelah mailbox Anda jadi, selanjutnya adalah mengakses email Anda. Dengan Emailkerja.id Anda bisa mengaksesnya dari perangkat apa saja. Dari smartphone bisa, dari desktop dengan aplikasi email client maupun webmail (browser) juga bisa. Tergantung Anda lebih nyaman pakai yang mana.

[6] Mengelola Email

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat email dengan domain sendiri adalah mengelola email. Maksud dari mengelola email ini adalah Anda bisa membuat dan mengirimkan email serta menerima email dan menghapus email.

Diagram Alur Kerja Emailkerja.id

Untuk lebih mudah memahami cara membuat email dengan domain sendiri untuk bisnis, perusahaan dan UKM secara mudah dengan layanan dari Emailkerja.id, Anda bisa melihat diagram berikut ini :

Seperti itulah cara membuat email dengan domain sendiri untuk bisnis dan perusahaan secara mudah. Jangan lupa untuk bisa menjalankan ini Anda harus berlangganan paket dari Emailkerja.id yang bisa Anda akses di sini.

Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *