Panduan Migrasi ke Dashboard EmailKerja Terbaru

Last modified: 19 December 2025
You are here:
Estimated reading time: 2 min

Selamat datang di dashboard baru EmailKerja. Kami saat ini melakukan pembaruan sistem untuk memberikan performa yang lebih stabil, manajemen domain yang lebih mudah, serta fitur-fitur terbaru.

Panduan ini akan membantu Anda melakukan proses migrasi dari dashboard lama ke dashboard baru langkah demi langkah. 

Pastikan Anda memiliki akses ke DNS Manager domain Anda (seperti Cloudflare, cPanel, atau lainnya) sebelum memulai.

Langkah-Langkah Migrasi

Silakan ikuti urutan langkah di bawah ini secara berurutan untuk memastikan transisi berjalan lancar.

1. Login ke Member Area

Langkah pertama, silakan login ke akun Anda melalui Member Area KIRIM.EMAIL di:
https://member.kirim.email

2. Pilih Layanan EmailKerja

Setelah berhasil masuk ke halaman utama Member Area:

  • Temukan dan pilih menu Emailkerja / Kerjamail pada bilah navigasi atau dashboard.
  • Klik tombol “Dashboard App”. Anda akan diarahkan ke halaman login khusus untuk aplikasi
  • EmailKerja.

3. Otorisasi Melalui KIRIM.EMAIL

Pada halaman login dashboard baru:

  • Klik tombol “Login with KIRIM.EMAIL”.
  • Anda akan diminta memberikan otorisasi untuk menghubungkan data Anda. 
  • Silakan klik tombol “Authorize”. Sistem akan mensinkronkan data mailbox Anda ke sistem baru secara otomatis.

4. Identifikasi Status Domain

Berikut adalah tampilan dashboard terbaru dari EmailKerja.

Setelah masuk ke dashboard baru, buka menu My Domains di sebelah kiri.

Silakan perhatikan kolom Verified, DKIM, dan SPF.

Jika Anda melihat ikon atau teks berwarna merah, itu artinya domain tersebut memerlukan
penyesuaian DNS.

Klik tombol Actions lalu pilih Manage pada domain yang ingin diperbaiki.

5. Verifikasi Kepemilikan Domain

Langkah ini dilakukan jika status domain menunjukkan belum terverifikasi (Not Verified):

  • Salin kode yang muncul pada bagian Verification Code (berupa TXT Record).
  • Buka DNS Manager domain Anda dalam contoh ini saya menggunakan Cloudflare, jika Anda menggunakan DNS manager lain silakan menyesuaikan.
  • Lalu tambahkan TXT Record baru dengan detail:
  • Type : TXT.
  • Name : @.TTL : Auto. Jika di DNS Magener Anda tidak ada opsi auto, silakan isi dengan nilai 3600, 7200 atau 14400.
  • Content : Paste kode yang sudah Anda copy sebelumnya.

Kembali ke dashboard EmailKerja dan klik tombol Verify.

6. Konfigurasi MX Record (Penerimaan Email)

Agar email dapat diterima dengan lancar di sistem baru:

  • Klik Pointing Domain pada menu action

Setelahnya Anda akan diarahkan menuju halaman detail MX Record yang akan disetting:

  • Setelah itu silakan buka kembali DNS Manager Anda, dipanduan ini kami menggunakan Cloudflare.
  • Hapus MX Record lama yang ada di DNS Manager Anda (hanya jika merujuk ke server
  • lama).
  • Tambahkan MX Record baru dengan detail:
  • Type: MX
  • Name/Host: @
  • Value/Mail Server: (Salin nilai yang tertera di dashboard)
  • Priority: 10

7. Konfigurasi SPF Record

Setelahnya Anda perlu memperbarui record SPF:

Penting: Jika Anda sudah memiliki SPF Record, jangan menghapusnya. Cukup tambahkan:

include:spf.kirim.email ke dalam record tersebut sebelum bagian ~all .

Contoh hasil akhir: v=spf1 +a +mx include:spf.kerjamail.co
include:spf.kirim.email ~all

Jika belum ada sama sekali, buat TXT Record baru dengan detail:

  • Type : TXT.
  • Name : @.
  • Content : Copy dari dashboard Emailkerja di kolom Value.
  • Proxy status : Off (DNS Only).
  • TTL : Auto.

Setelah tersimpan, silakan kembali ke Dashboard EmailKerja dan klik refresh, jika berhasil
status SPF akan berubah menjadi SPF.

8. Konfigurasi DKIM Record (Otentikasi Email)

Langkah terakhir untuk otentikasi pengiriman:

  • Salin nilai Host dan Value untuk DKIM dari dashboard EmailKerja.
  • Di DNS Manager Anda, tambahkan TXT Record baru (jangan menimpa record yang sudah ada):
  • Type : TXT.
  • Name : Copy-Paste dari dashboard Emailkerja di kolom Host.
  • Content : Copy-Paste dari dashboard Emailkerja di kolom Value.
  • Proxy status : Off (DNS Only).
  • TTL : Auto.

Klik save dan kembali ke dashboard EmailKerja, lalu klik verify.

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda cukup menunggu proses propagasi DNS.
Biasanya proses ini memakan waktu beberapa menit hingga maksimal 24 jam.

Jika semua status di menu My Domains sudah berubah menjadi hijau (Verified/Active), maka
proses migrasi Anda telah berhasil sepenuhnya. Anda kini dapat menggunakan layanan
EmailKerja dengan fitur dan performa yang lebih optimal.

Butuh Bantuan? Jika Anda menemui kendala saat melakukan pengaturan DNS atau proses
verifikasi, jangan ragu untuk menghubungi tim Support kami melalui live chat di sisi kanan
halaman ini, kami siap membantu Anda!

Selamat menggunakan dashboard baru EmailKerja!

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 15

Continue reading

Previous: Pointing