Pengaturan Akun Emailkerja Anda

Estimated reading time: 3 min

#1. Apa yang Anda butuhkan untuk Signup?

Domain aktif, dengan akses DNS untuk mengatur dan menggunakan layanan Emailkerja. Anda dapat menggunakan domain yang sudah Anda miliki atau membeli domain baru dari kami.

#2. Mendaftar (Signing up)

  1. Kunjungi Homepage Emailkerja (https;//emailkrja.id).
  2. Pilih paket paket yang Anda butuhkan dan klik tombol KONTAK : 0877-27-380-370.
  3. Anda akan mengarahkan ke WhatsApp. Kirimkan pesan template dan tunggu respon dari CS atau Admin.

2.1. Registrasi Akun

2.1.1. Punya akun KIRIM.EMAIL

  1. Klik link yang diberikan oleh CS melalui WhatsApp.
  2. Klik tombol Buy Now
  3. Masukkan username dan password Anda, lalu klik tombol Sign In.
  4. Masukkan domain aktif Anda. Jika Anda belum punya silakan beli di sini.
  5. Masukkan kode kupon dan klik tombol Apply Coupon (Opsional)
  6. Pilih opsi “Pembayaran Instan” atau sesuai dengan metode pembayaran yang Anda miliki.
  7. Klik tombol YES.
  8. Pilih Credit Card pada payment method dan klik tombol “BAYAR”.
  9. Masukkan Cardholder Name, Credit/Debit Card Number, CVC/CVV2 Number, Bulan dan Tahun pada field yang tersedia.
  10. Klik tombol Proceed Payment.
  11. Tunggu proses verifikasi dan aktivasi oleh tim Emailkerja.id

2.1.2. Belum Punya akun KIRIM.EMAIL

  1. Klik link yang diberikan oleh CS melalui WhatsApp.
  2. Klik tombol Buy Now
  3. klik tombol Register Here.
  4. Ikuti proses selanjutnya sampai ke pembayaran.
  5. Tunggu proses verikasi dan aktivasi oleh tim Emailkerja.id

#3. Pengaturan Domain (Domain Setup)

3.1. Verifikasi Kepemilikan Domain

Perhatian : Jika Anda membeli domain di KIRIM.EMAIL, sebelum melakukan langkah verifikasi domain ini, silahkan lakukan setup domain di Cloudflare sesuai panduan dalam video ini : https://www.youtube.com/watch?v=DI7r8ceW46I&t=44s.

Namun jika Anda membeli domain di tempat lain, silakan sesuaikan dengan DNS Manager Anda.

  1. Setelah akun Anda aktif, kunjungi https://member.kirim.email lalu masukkan username dan password Anda.
  2. Klik menu Services
  3. Klik tab EMAILKERJA
  4. Klik tombol Manage Data
  5. Copy kode verifikasi dan inputkan kode tersebut di DNS Manager Anda dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Type : TXT
    • Name : @
    • Content/Value : Kode verifikasi yang sudah Anda copy
    • TTL : Auto
      Pada video tutorial kami menggunakan Cloudflare sebagai DNS Managernya.
  6. Klik tombol Verify.
  7. Klik tombol OK untuk mengkonfirmasi bahwa domain Anda sudah terverifikasi.
  8. Reload halaman untuk melihat perubahan status dari Inactive menjadi Active.

3.2. Konfigurasi Pengiriman Email

3.2.1. MX Record

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tab Pointing
  3. Masukkan data pada bagian MX Record ke DNS Manager Anda

3.2.2. CNAME Record

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tab Pointing
  3. Masukkan data pada bagian CNAME Record 1 dan CNAME Record 2 ke DNS Manager Anda

3.2.3. SPF Record

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tab Pointing
  3. Masukkan data pada bagian SPF/TXT Record ke DNS Manager Anda

3.2.4. DKIM Record

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tab Pointing
  3. Klik tab DKIM dan klik tombol Enable
  4. Masukkan data pada bagian DKIM Record ke DNS Manager Anda

#4. Mail User Management

4.1. Membuat Mail User Baru

  1. Klik tombol Manage data
  2. Klik tab Mailbox Users
  3. Klik tombol Create Mail User
  4. Inputkan name, username, password, confirm password dan quota lalu klik tombol Save.

4.2. Mengedit Mail User

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tab Mailbox Users
  3. Klik tombol edit pada user yang diingin diubah
  4. Lakukan perubahan pada quota atau password dan confirm password
  5. Klik tombol Save.

4.3. Menghapus Mail User

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tab Mailbox User
  3. Klik Tombol DEL pada username yang ingin Anda hapus
  4. Klik OK.

#5. Mengakses Email

5.1 Mengakses Email Melalui Desktop

5.1.1 Mengakses Email di Desktop Melalui Webmail (Browser)

  1. Klik tombol Manage Data
  2. Klik tombol Webmail atau langsung kunjungi https://bandung01.emailkerja.id/inbox
  3. Masukkan dengan username dan password Anda lalu klik tombol Login.

5.1.2 Mengakses Emailkerja di Desktop Melalui Aplikasi Email Client Thunderbird

  1. Pastikan di desktop Anda sudah terinstall aplikasi email client Thunderbird
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Pilih Email pada bagian Choose What to Set Up
  4. Masukkan nama Anda pada field Your Name
  5. Masukkan alamat email Anda pada field Email Address
  6. Masukkan password pada field Password
  7. Klik tombol Continue
  8. Pada bagian protocol silakan pilih IMAP atau POP3 sesuai kebutuhan Anda. Pada tutorial ini kami memilih IMAP.
  9. Klik tombol Done untuk mengakhir prosesnya.
  10. Selesai.

5.2 Mengakses Email Melalui Smartphone

5.2.1 Mengakses Email Melalui Aplikasi Gmail di Smartphone Android

  1. Buka aplikasi Gmail di smartphone Android Anda
  2. Tap icon/avatar email Anda di pojok kanan atas
  3. Lalu tap opsi Add another account
  4. Pilih opsi Other pada bagian Set up email
  5. Masukkan alamat email Anda (contoh : [email protected]) dan klik tombol NEXT
  6. Silakan pilih POP3 atau IMAP sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada tutorial ini kami memilih IMAP
  7. Masukkan password email Anda lalu klik tombol NEXT
  8. Pada field Server di Incoming server settings ubah nilainya menjadi bandung01.emailkerja.id lalu klik tombol NEXT
  9. Pada field SMTP Server di Outgoing server settings ubah nilainya menjadi bandung01.emailkerja.id lalu klik tombol NEXT
  10. Tunggu proses validasi pengaturan SMTP hingga selesai
  11. Pada bagian account option silakan tentukan sync frequency dan opsi lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah tap tombol NEXT
  12. Masukkan nama Anda di field Your Name lalu tap tombol NEXT
  13. Anda sudah dalam posisi login dan email siap digunakan.

5.2.2 Mengakses Email Melalui Aplikasi Microsoft Outlook Mobile

  1. Install aplikasi Microsoft Outlook Mobile
  2. Buka aplikasinya
  3. Klik tombol Get Started
  4. Masukkan alamat email Anda (Contoh : [email protected]) lalu klik tombol Continue
  5. Pada bagian Connect Excange, cukup masukkan Password saja. Field Email Address dan Server biarkan apa adanya. Sedangkan field Domain\Username dan Description opsional, boleh diisi boleh juga tidak. Jika sudah tap tanda centang di bagian pojok kanan atas dan tunggu proses Attempting to login.
  6. Selesai. Anda sudah login dan bisa mengirimkan/menerima email dengan menggunakan Microsoft Outlook Mobile.

#6. Internal Broadcast Email

6.1 Mengirimkan email internal broadcast

  1. Klik tombol Broadcast.
  2. Tentukan siapa pengirim emailnya.
  3. Tulis subjek emailnya.
  4. Tulis pesan yang akan dikirimkan pada bagian Message.
  5. Klik tombol SEND.
  6. Selesai.
Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 1016